Karakteristik Ekonomi Digital, Model Prilaku Ekonomi E-Commerce, memulai dan mengembangkan bisnis didunia maya

 

A.    KARAKTERISTIK EKONOMI DIGITAL
Menurut  Amir Hartman Ekonomi Digital sebagai  “the virtual arena in which business actually is conducted, value is created and exchanged, transactions occur, and one-to-one relationship mature by using any internet initiative as medium of exchange” (Hartman, 2000). Yaitu : "arena maya di mana bisnis sebenarnya dilakukan, nilai dibuat dan dipertukarkan, transaksi terjadi, dan satu-ke-satu hubungan yang dewasa dengan menggunakan inisiatif internet sebagai alat tukar" (Hartman, 2000).
Don Tapscott menemukan dua belas karakteristik penting dari ekonomi digital yang harus diketahui dan dipahami oleh para praktisi manajamen, yaitu: Knowledge, Digitazion, Virtualization, Molecularization, Internetworking, Disintermediation, Convergence, Innoavation, Prosumption, Immediacy, Globlization, dan Discordance.  (Tapscott, 1996).
1.    Knowledge
Knowledge atau pengetahuan merupakan elemen yang sangat penting bagi produk yang di hasilkan perusahaan dan organisasi .Karna pengetahuan itu hanya bisa dimiliki oleh manusia dan manusia merupakan SDM dalam perusahaan , karna itulah pengetahuan merupakan  penentu sukses tidaknya organisasi tersebut dalam mencapai targetnya.Dengan pengetahuan yang luas ini kita bisa menciptakan produk dan jasa.Disamping itu kemajuan teknologi yang semakin memuncak ini menjadi faktor pembantu manusia untuk pencapaian tujuan perusahaan dan organisasi tersebut.
2.    Digitization
Digitization merupan istilah yang ada didalam komputer kegunaannya untuk mengubah,memindahkan informasi dari berbagai bentuk (data,foto,video) menjadi format digital atau digit.Karna komputer hanya bisa membaca bentuk digit ni maka dari itulah Digitization ini dibutuhkan.Contohnya  memindahkan foto-foto barang  yang  akan diperjual kan diinternet ke komputer itu sudah menjadi format digit,nah ketika sudah menjadi format digit kita dengan mudah bisa mengakses semua barang keseluruh dunia.
3.    Virtualization
Virtualization merupakan gambaran dan sumber daya pada komputer.Maksudnya virtualisasi sebenarnya ialah membuat sebuah simulasi dari perangkat keras, sistem operasi, jaringan maupun yang lainnya. Di bidang teknologi informasi, virtualization digunakan sebagai sarana untuk improvisasi skalabilitas dari hardware yang ada.Dwngan menggunakan ini perusahaan akan banyak mendapat keuntungan,seperti  menjaga data yang penting bagi perusahaan jika terjadi kehilangan data,Hemat energi, pengurangan biaya atas infrastruktur fisik ,Peningkatan fleksibilitas operasional.
4.    Molecularization
Bentuk molekul merupakan suatu sistem dimana organisasi dapat dengan mudah beradaptasi dengan setiap perubahan dinamis yang terjadi di lingkungan sekitar perusahaan.
5.    Internetworking
Internetworking adalah  jaringan ekonomi dengan interkoneksi dalam dan jangkauan entitas ekonomi.maksudnya patner kerja dalam perusahaan.Karna perusahaan tidak mungkin bisa berdiri sendiri jadi perusahaan harus bisa mencari teman sebagai patner perusahaan untuk bisa mencapai pasar dunia maya.
6.    Disintermediation
Tidak adanya mediator (perantara) antara penjual dan pembeli.Sehingga putuslah komunikasi dari perusahan tersebut hal ini bisa membuat perusahaan berhenti begerak.
7.    Convergence
konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik. Konvergensi media ini menyatukan ”tiga-C” (computing, communication, dan content).
8.    Innovation
Innovation adalah pembaruan atau memperbaruhi.Untuk produk-produk yang sudah dikeluarkan oleh suatu perusahaan ini dibutuhkan inovasi,jangan hanya itu-itu saja.karena persaingan perusahaan itu sangat ketatsehingga kita membutuhkan pembaharuan.
9.    Prosumption
Prosumption adalah batasan bagi konsumen dan produsen.
10.     Immediacy
Di dunia maya, pelanggan dihadapkan pada beragam perusahaan yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Dalam memilih perusahaan, mereka hanya menggunakan tiga kriteria utama. Secara prinsip mereka akan mengadakan transaksi dengan perusahaan yang menawarkan produk atau jasanya secara cheaper, better, dan faster dibandingkan dengan perusahaan sejenis. Mengingat bahwa switching cost di internet sangat mudah dan murah, maka pelanggan akan terus menerus mencari perusahaan yang paling memberikan benefit tertinggi baginya. Melihat hal inilah maka perusahaan harus selalu peka terhadap berbagai kebutuhan pelanggan yang membutuhkan kepuasan pelayanan tertentu.
11.    Globalization
Maksudnya tidak ada batasan bagi user untuk mengakses semua apa yang ia inginkan.Karna didunia maya seluruh masyarakat telah menjadi satu .
12.    Discordance
Fenomena perubahan struktur sosial dan budaya.Karna dalam internet tidak dapat mencegah masuknya kebudayaan dari negara-negara lain.Maka perubahan paradikma sehari-hari akan termasuki.karena pengaruh budaya barat sulit untuk dicegah karena dapat diakses bebas oleh siapa saja melalui internet.Hal ini dapat mempengaruhi ekonomi digital,perusahaan bisa saja bangkrut karna perusahaan tidak siap atas apa yang terjadi di budaya barat.

B.    BAGAIMANA MEMULAI BISNIS DIDUNIA  MAYA
Banyak orang bilang membuka bisnis online ini sangat mudah,hemat dan bisa mendapatkan untung yang banyak.Namun menurut saya itu semua membutuhkan proses yang sangat lama,untuk mendapatkan keuntungan yang besar itu mungkin saja kita harus menggeluti bisnis itu selama 3,4,5 tahun.Bisnis didunia maya ini sangat banyak saingan ,karena dari setiap pembisnis itu mempunyai keunggulan dalam produk yang mereka tawarkan kepada konsumen,dan juga banyak pembisnis online berasal dari daerah yang lain, kota-kota besar bahkan negara-negara besar yang maju didalam bidang  ini.Namun kembali kepada keimanan kita bukankah Allah telah memberi rizki kepada setiap ummatnya . nahhh sekarang kuita kembali kepada bagaimana memulai bisnis didunia maya.
Sebagai langhkah awal untuk memulai bisnis ini kita harus mempunyai alat-alat perlengkapan untuk bisa menunjang bisnis kita.Seperti : Laptop atau komputer,koneksi internet dan e-mail  untuk memberikan penjelasan tentang apa yang kita .tawarkan.Manfaatkan Blog,jejaring sosial seperti FaceBook,Twitter untuk memberikan informasi,hal ini penting bagi bisnis kita.
Langkah kedua adalah mantapkan diri kita untuk memulai bisnis ,buatlah target untuk mencapai keuntungan yang anda ingikan dalam kurung waktu tertentu,visi dan misi anda dalam melakukan bisnis ini.Buatlah diri anda menyukai kegiatan yang anda lakukan maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Langkah ketiga , karena anda satu dari sejuta orang yang membuka bisnis didunia maya .Maka anda harus menentukan model bisnis  ,Trend yang sedang diminati  oleh masyarakat sekarang.Ini sangat penting bagi kelangsungan bisnis yang anda geluti jadi anda harus memikirkanya dengan sangat matang.Karena setiap pembisnis didunia maya mempunya keunggulan-keunggulan untuk menarik konsumen, dan anda harus berhati-hati dengan perushaan lain karna apa yang kita lakukan bisa jadi ditiru dengan waktu yang sangat cepat.Pengetahuan atas teknologi juga sangat penting,anda harus bisa menjalankan teknologi karena kemampuan intelektual ini harus sudah anda kuwasai.
Sebagai langkah tambahan anda harus mempersiapkan semuanya ,memberikan informasi yang lengkap karena konsumen hanya percaya pada apa yang kita tampilkan disitus bisnis kita,jangan sampai membuat konsumen kita kecewa dengan produk kita karna ini akan membuat pelanggan kita pergi.
Untuk mengembangkan bisnis yang kita bangun ini agar menjadi lebih besar seperti perusahan –perusahan lainnya.kita perlu memerlukan investasi dari perusahan lain hal ini tidak mudah karna kita harus meyakinkan perusahaan tersebut untuk memberikan modal kepada kita.Namun jika kita sudah dapat modal yang lebih besar kita sudah bisa untuk mengebangkan bisnis kita.

C.    JELASKAN MODEL PRILAKU E-COMMERCE
  1.  Model prilaku e-comerce yaitu:Karakteristik individu dari konsumen
    • Gender dan umur
    • Status Perkawinan
    • Tingkatan Perkawinan
    • Etnicity
    • Jabatan
    • Pendapatan Rumah Tangga
    • Kepribadian
    • Karakteristik Gaya Hidup
  2. Variabel lingkungan dalam membeli
    • Sosial
    • Komunitas
  3. Faktor konsumen dalam membeli
    • Pemrakarsa ( Initiator )
    • Pengaruh ( Influencer )
    • Kebutuhan
  4. Pelayanan Pelanggan
    • Segmentasi Pasar
    • Pelayanan Pengiriman untuk Pelanggan Internet

1 komentar:

  1. Bagus artikelnya, jangan lupa mampir di blog ane sandknote.blogspot.co.id

    BalasHapus