DEFINISI CYBERPRENEURSHIP/INFOPRENEUR

Cyberpreneurship

DEFINISI CYBERPRENEURSHIP/INFOPRENEUR


Cyberpreneur = infopreneur, berasal dari kata “information” dan “enterpreneur”.
Cyberpreneur adalah enterpreneur via cyber / dunia maya / Internet. atau secara definisi : Cyberpreneur adalah seseorang yang memulai atau menjalankan bisnisnya di dalam cyberspace (dunia maya) dan internet. Mereka memasarkan produk / jasa melalui sebuah blog ataupun website, yang merupakan pangsa pasar yang sangat luas karena bisa diakses seluruh dunia.

Pengertian Lainnya,
Infopreneur/Cyberpreneur adalah orang yang bisnia utamanya adalah berbagi dan menjual informasi elektronik -membuat blog atau website- memasarkan produk sendiri / orang lain. Umumnya adalah seorang enterpreneur yang menghasilkan uang dengan cara menjual informasi melalui internet. Istilah infopreneur sekarang ini dipergunakan di internet sekitar 177000 sedangkan cyberpreneur hanya 3440. Profesi ini sudah ada sebelum internet berkembang pesat. Biasanya mereka menjual informasi melalui audio cd, cd rom, video, talk show, conference. Dengan adanya internet, mereka bisa menjual informasi melalui internet dan dapat memasuki pangsa pasar yang lebih luas karena internet bisa diakses dari seluruh dunia.
Wirausahawan (entrepreneur) didefinisikan sebagai seseorang yang membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, dan asset lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkan nilai yang lebih besar daripada sebelumnya, dan juga dilekatkan pada orang yang membawa perubahan, inovasi, dan aturan baru.


Cyberpreneurship itu sendiri terdiri dari beberapa unsur diantaranya :

Enterpreneurship
Enterpreneurship adalah seseorang yang berani mengambil suatu langkah untuk memasuki sebuah aktifitas tertentu atau menyambut suatu tantangan yang baru, di dalam enterpreneurship terdapat tiga hal yang paling penting yaitu : creativity-innovation, opportunity-creation, dan calculated risk- taking.

Technopreneurship
Technopreneurship adalah ebuah proses dalam pembentukan usaha baru yang melihat teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi Nasional.

Apa saja yang dibutuhkan :
  • Website dan Blog
  • Menyajikan informasi yang berguna
  • Traffic yang tinggi
  • Memasarkan produk
  • Search engine friendly
Bagaimana caranya :
  • Adsense
  • Adwords untuk promosi
  • Menjual produk atau jasa
  • Affiliate
  • Referral
Rumus :
  • Content – Traffic – Presell – Monetize
Penjelasan dari Rumus diatas adalah sebagai berikut :

Content
  • Mengembangkan berbagai website
  • Tujuannya lebih kearah penyedia berita, layanan sms, layanan diskusi, layanan direktori atau hal umum yang diinginkan orang lain
Website:
  • Katalog
  • Online store
  • Lelang Blog
  • Forum
Jasa : 
  • jasa membuat website, program
  • Mengembangkan ruang iklan
  • Dengan script yang sudah ada
  • Dengan menyediakan ruang iklan baris
Traffic
  • Search engine
  • Pasang iklan/adwords yang tepat adalah di google adwords untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.
  • Banner yang berubah
Affiliate program:Update program menjadi menarik pengunjung
Website yang berhasil: website yang banyak dikunjungi orang minimal 1000 pengunjung per hari
Perlu proses untuk menghasilkan 1000 pengunjung
Presell
Memberikan rekomendasi produk dengan cara membandingkan beberapa produk
Digunakan pada website dengan type Blogs, Reviews, Comparation
Dituliskan dengan bahasa Inggris
Kesimpulannya P tidak wajib
Rumus baru C – T – (P) - M
Monetize

1. Monetisasi Langsung
Monetisasi langsung dilakukan dengan menampilkan atau memanfaatkan program-program monetisasi seperti advertising network, paid review, independent advertising ataupun affiliate program. Contoh monetisasi langsung adalah Anda menampilkan iklan Google Adsense di blog Anda, menulis review berbayar dari program paid review semacam ReviewMe, PayPerPost atau SponsoredReviews, atau menulis review tentang sebuah produk affiliasi yang Anda promosikan. Dengan melakukan monetisasi langsung, Anda secara sengaja mempergunakan blog sebagai media untuk mendulang uang dari internet.

2. Monetisasi Tidak Langsung
Monetisasi tidak langsung dilakukan dengan memanfaatkan blog lebih sebagai sarana marketing tools bagi produk ataupun jasa Anda. Bisa jadi Anda memiliki produk-produk digital (bisa berupa e-book atau podcast) atau keahlian tertentu (misalnya desain web dan grafis, copywriting ataupun penerjemahan) yang ingin Anda promosikan melalui blog Anda. Dengan melakukan monetisasi tidak langsung, Anda "hanya" memanfaatkan blog Anda untuk menawarkan produk atau keahlian yang Anda miliki. Anda mendapatkan uang dari produk atau jasa keahlian Anda dan bukan dari blog Anda.

Definisi Ideal Cyberpreneurship adalah :

  • Memasarkan produk sendiri
         Mendapatkan calon pembeli, Menerima pembayaran, Melakukan pengiriman barang, Memberikan garansi jaminan (online store)
  • Memasarkan produk orang lain dengan berbagai tipe kerjasama
    Memasarkan produk amazon, shareasale, genbucks, shareasale (affiliate program)
  • Memberikan jasa dalam berbagai hal di Internet
    • Penyedia content berita: blogs, portal berita, catalog, reviews untuk dapat menampilkan iklan
    • Penyedia layanan web seperti forum, ruang iklan, komunitas seperti friendster untuk mendapatkan membership dan iklan
    • Penyedia layanan internet seperti hosting, email, search engine, sms untuk mendapatkan iklan
    • Penyedia keahlian misalnya programmer online, konsultasi online, pengajar online, perantara online dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar